Selasa, 26 Januari 2016

Kreasi Tumis Jamur Tiram Ala Sego Njamoer

Di Surabaya, kurang komplit kalo nggak sempet jajan alias wisata kuliner. Selain banyak pilihan cemilan yang unik dengan beragam harga dan rasa, Surabaya juga dikenal dengan berbagai kuliner khasnya. Tapi edisi kali ini, aku tidak hendak membahas tentang kuliner khas Surabaya. Tetapi hasil reka rasa dari jajanan yang sempat aku coba. Namanya Sego Njamoer. Kreasi anak mahasiswa yang sedang mendirikan franchise dengan konsep onigiri alias nasi kepal namun menggunakan olahan jamur tiram.

Cabangnya sudah banyak di Surabaya, salah satunya di mall Royal Plaza, serta supermarket Sakinah. Penampakannya simpel, nasi berbentuk segitiga dengan tumis jamur tiram di tengah sebagai isian.

Ini penampakan depannya. Secara kemasan cukup unik. Dulu aku beli harganya masih empat ribuan. Sekarang (tahun 2016) sekitar enam ribuan dan lebih banyak varian olahan jamurnya. Produknya sendiri seperti ini:

Maafkan kamera yang masih dua megapixel ya he he he...
Oke, setelah aku coba rasanya enak juga. Karena bahan utamanya nasi maka cukup mengenyangkan. Walau tentu ukurannya tidak seperti satu porsi nasi di warteg.

Karena enak, akhirnya kemarin aku nyoba untuk sedikit berkreasi dengan jamur tiram. Tidak pengen nyaingin sih. Tapi ada kenikmatan tersendiri kalau bisa membuat sesuatu yang unik seperti ini. Nah, ini hasil reka rasa yang sudah aku coba. Kalau mau google resepnya toh juga bisa. Banyak blog juga yang sudah pernah membahas resepnya.

Resepnya adalah :
Jamur tiram
Ketumbar bubuk
Merica bubuk
Maizena
Gula
Garam
Nasi Putih 

Cara membuat :
  • Rendam jamur dalam air es. Kalau aku sih pakai air minum yang disimpan di kulkas. Lalu jamurnya dibilas air biasa.
  • Potong jamur kecil-kecil atau bisa disuwir-suwir dengan tangan. 
  • Campur jamur dengan merica, garam, gula, ketumbar bubuk, serta maizena. 
  • Panaskan penggorengan, lebih baik pakai teflon sih. Beri sedikit minyak, lalu tumis jamur sampai mengental dan lengket. Gunakan api kecil biar tidak cepat gosong. 
  • Setelah itu, gunakan mangkuk kecil atau kalau ada cetakan onigiri jauh lebih bagus hasilnya, Ambil nasi sampai setengah cetakan, padatkan dengan ditekan-tekan menggunakan sendok. Lalu ambil oseng jamur sesuka hati (:D) lalu taruh nasi diatas jamur. Padatkan lalu lepaskan nasi dari cetakan dan letakkan di piring saji. 
  • Dan inilah Sego Njamoer Surabaya ala chef :D


Karena pakai cetakan nasi yang biasanya untuk nasi kotak, jadinya kurang imut dibandingkan dengan Sego Njamoer aslinya. Aku sempat menambahkan minyak wijen sedikit dan rasanya jauh lebih gurih. Kalau suka sebenarnya bisa ditambah dengan cabe bubuk, atau bisa juga tambahkan paprika atau daging ayam biar sekalian premium he he he...

Secara rasa Sego Njamoer aslinya aku kasih nilai 7 deh. Sebab meskipun enak kadang ngerasa plain aja. Tapi pas nyoba yang golden crispy, jadi segonya dikasih tepung jagung terus digoreng, rasanya jadi lebih yummmy. Pelayanan karena sistemnya franchisenya ya menurutku so-so aja. Karena yah, pengelolaannya beda-beda. Repurchase : sure. Soalnya makin banyak kreasi dan variasinya. Dan bagi kamu, anak kos Surabaya yang bokek dan pengen kenyang, ini pilihan yang bisa dicoba.

Bahkan untuk membuat sendiripun tidak terlalu mahal costnya. Jamur tiram yang kemasan plastik cuma Rp 2.500,- di pasar. Bumbu-bumbu lain bisa menyesuaikan dapur masing-masing. Jadi, masih terjangkau kantonglah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar