Senin, 07 September 2015

Kreasi Agar-agar Cokelat Ala Chef



Sebenarnya ini cuma agar-agar biasa. Tetapi karena waktu itu aku lagi pengen kreasi, jadi ini dibikin cantik biar kayak puding cantik di toko-toko atau kayak masterchef yang ciamik di mata. Karena cuma ada apel di kulkas, so jadilah saya berkreasi menjadikan itu apel hiasan seperti di foto. Kali lain karena ada jeruk dan stroberi dan loyangnya terlalu besar padahal bahan agar-agarnya sedikit jadinya begini :
Resepnya.... Kalau pengalamanku biasanya satu bungkus agar-agar merek Swallow, 1 bungkus Nutrijell cokelat. Agar-agar Swallow boleh bening, boleh yang cokelat. Gulanya satu gelas belimbing. Dan takaran airnya, aku selalu menggunakan 4 1/2 gelas air. Karena pernah mengikuti saran instruksi di agar-agar swallow yang sampai beberapa gelas, malah jadinya tidak bisa mengeras. Cair, bahkan sudah dikulkas berjam-jam.

Fyi, ini gelas belimbing yang aku maksud


Cara membuatnya mungkin sudah ada si bungkus petunjuknya. Tapi aku cara bikinya selalu : air, agar-agar, nutrijell, gula dicampur dalam panci, diaduk, baru kemudian dipanaskan di atas kompor. Diaduk terus sampai mendidih. Setelah mendidih tuang di loyang, tunggu dingin. Jadi deh!!

Karena niatnya gimana barang sederhana bisa cantik dibuat, aku akhirnya niat bikin hiasan buat agar-agar cokelat ini. Kalo yang gambar atas, itu apel dikupas melingkar, kulitnya kemudian dibentuk seperti mawar. Sementara gambar agar-agar yang tengah, aku rada niat. Jadi Stroberinya direndam di air gula alias sirup buatan sendiri. Sementara jeruknya terbuat dari jeruk mandarin, dikupas sampe kulit arinya. Sebelum agar-agar dituang, jeruknya ditaruh di dasar loyang, sehingga niatnya pas jadi jeruknya bisa nongol cantik. Cuma entah kenapa, realisasinya begitu agar-agar dituang ada jeruk yang kemudian tidak kerasan di dasar loyang dan akhirnya ngumpet dalam agar-agar. Ya sudahlah. Setidaknya niatnya sudah pengen bikin cantik agar-agar.

Oke, itu tadi kreasiku tentang agar-agar. Lain kali bakal aku share lagi kreasiku lagi di dapur kalo sempat (dan niat!) jadi pantengin terus ya. Ciao!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar